5 Tips dan Trik Traveling Sendirian | GalleTique

5 Tips dan Trik Traveling Sendirian

traveler

Berniat melakukan traveling sendirian atau solo dalam waktu dekat? Yuk pelajari dulu tips dan trik traveling sendiri agar di sepanjang perjalanan tak ada yang sia-sia.

Memang ada kalanya menjalani hidup ini tanpa harus selalu terkoneksi dengan orang lain. Terutama untuk yang sehari-harinya sibuk bekerja di kantor.

Dengan cara seperti itu, waktu yang berlalu terasa sangat kontemplatif. Pikiran dan jiwa seolah terisi kembali dengan kesegaran di sepanjang perjalanan. Bertemu dengan pengalaman baru, orang-orang baru, serta budaya baru.

Tips dan Trik Traveling Sendirian

Agar tidak ada masalah dengan traveling yang akan kamu lakukan, coba lakukan dan terapkan beberapa hal ini dalam solo traveling kamu.

1. Lakukan Persiapan sebelum Berangkat

Hal pertama dan utama yang perlu dilakukan adalah mengetahui besaran bujet perjalanan. Jadi, ketika perjalanan selesai, masih memiliki uang untuk menjalani hidup di hari-hari berikutnya.

Kemudian pilih destinasi yang tepat tanpa mengalami intervensi dari orang lain. Apa pun kata orang, sebaiknya tak perlu mendengar. Sebab, perjalanan kali ini memang didedikasikan untuk diri sendiri.

Saat packing-packing, bawa barang seperlunya saja. Kemudian pilih tas atau koper yang jarak jahitannya rapat. Biar nanti tidak kecolongan saat berada di keramaian.

2. Beradaptasi di Lingkungan Baru

Acara traveling solo bisa menjadi momen yang menjengkelkan ketika tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Oleh karena itu, tetap jaga pikiran dan hati agar tetap rileks apa pun yang terjadi.

Tetaplah bersikap ramah pada siapa pun. Jadilah sosok yang proaktif. Sewaktu-waktu butuh bantuan, langsung bisa menyampaikannya pada orang-orang di sekitar.

Hal yang tidak kalah penting adalah tahu ke mana diri akan beranjak. Caranya dengan mempelajari peta atau lokasi di tempat wisata pilihan. Inilah tips dan trik traveling sendiri yang paling sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Gara-gara bingung mau jalan ke mana, akhirnya waktu cepat habis tanpa meninggalkan kesan yang berarti.

3. Meski Namanya Traveling Solo, Tapi Sejatinya Tidak Sendirian

Di lokasi wisata, akan ada banyak orang baru yang terlibat di sepanjang perjalanan. Tak ada salahnya untuk mempelajari bahasa lokal mereka, biarpun sedikit-sedikit. Lalu jangan lupa untuk banyak tersenyum. Sebab hanya dengan senyuman, maka akan terbuka banyak percakapan yang mengasyikkan.

Jika di tempat itu ada kafe, mampirlah. Di tempat-tempat seperti itu biasanya terjadi percakapan yang intens dengan penduduk lokal atau sesama turis.

Kalau kebetulan membawa buku favorit, baca saja. Kemudian ekspresikan diri selepas mungkin. Tertawa, berteriak, ataupun menangis secara lepas.

4. Nikmatilah Momen Sendirian saat Makan di Restoran

Kapan sih jadwal yang tepat untuk makan di restoran sendirian? Siang hari. Kalau sore-sore atau malam, nanti banyak pasangan muda-mudi atau keluarga besar yang singgah. Akhirnya muncul perasaan sepi. Seakan-akan tengah dikucilkan dari keramaian.

Selain itu, harga makanan yang ditawarkan jadi lebih murah karena tidak terlalu ramai. Lalu selingi acara makan-makannya dengan fokus membaca buku.

Bila perlu, siapkan kamera beresolusi tinggi untuk memotret aneka makanan sebelum masuk ke perut. Unggah ke media sosial. Intinya, jangan pernah lelah untuk menghibur diri sendiri selama acara jalan-jalan masih berlangsung.

5. Habiskan Sisa Hari dengan Bersepeda

Hampir di setiap tempat wisata populer ada spot khusus untuk menyewa sepeda. Mengapa sepeda? Mengapa bukan mobil atau motor?

Selain berkaitan dengan bujet, aktivitas bersepeda di tempat wisata rupanya bisa membangkitkan perasaan ekstase. Inilah salah satu cara terbaik untuk memaknai traveling di batas akhir waktu.

Jika berniat menginap di hotel, tuntaskan aktivitas bersepeda hingga hari nyaris gelap. Begitu kembali ke hotel, tubuh sudah lelah dan puas. Tidur pun menjadi lebih pulas tanpa harus menghabiskan malam-malam sendirian dengan mata terbuka.

Itulah beberapa tips dan trik traveling sendiri yang bisa diterapkan sebelum maupun sesudah berangkat. Traveling sendiri maupun rombongan itu punya satu kesamaan, yaitu waktunya sangat terbatas. Jadi, jangan pernah sia-siakan biarpun hanya satu detik.

Tag

Tambah komentar baru

HTML terbatas

  • Tag HTML yang dibolehkan: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Baris dan paragraf baru akan dibuat otomatis.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.